Skip to content

Waktu yang Tepat untuk Spooring dan Balancing Mobil Anda

Mei 11, 2013

Tahukah anda apa itu spooring? Spooring adalah penyetelan terhadap sudut keselarasan roda pada mobil, dan tahukah anda apa itu balancing? balancing adalah kegiatan penyetelan ban untuk titik keseimbangan pada titik pusat roda. Dalam keamanan dan kenyamanan berkendara, kedua hal ini sangat penting untuk diketahui. Untuk itu jika tiba saatnya untuk spooring dan balancing, sebaiknya segera lakukan itu.

Bagi orang awam tentunya mengetahui kapan harus spooring dan balancing merupakan satu hal yang tidak mudah. Bahkan pasti ada yang bertanya seperti ini. Perlukah Balancing spooring ? Untuk itu berikut ada beberapa hal yang dapat dijadikan indikasi bahwa waktu untuk spooring dan balancing memang sudah tiba.
  1. Perhatikan dan rasakan apakah setir bergetar saat sedang berkendara. Setir yang bergetar menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan ban depan. Bahkan hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Saat anda merasakan hal tersebut, maka inilah saat yang tepat untuk melakukan spooring dan balancing.
  2. Saat anda sedang melaju lurus, coba rasakan apakah ada pergerakan atau perasaan bahwa mobil berbelok dengan sendirinya. Jika mobil cenderung berbelok ke arah tertentu dengan sendirinya, maka hal ini merupakan indikasi bahwa ada masalah spooring.
  3. Untuk mengetahui ketidaknyamanan dalam berkendara, anda bisa mengecek keausan pada ban mobil. Perhatikan secara seksama dan menyeluruh. Jika ada benjolan pada ban, maka bisa jadi system suspensi mobil anda sedang bermasalah.
  4. Jika terjadi masalah dan mengharuskan anda untuk spooring ataupun balancing, biasanya efek yang paling terasa terletak pada setir. Jika setir terasa tidak nyaman bahkan lebih berat dari biasanya, atau bahkan saat setir dibelokkan setir tidak mau kembali pada posisi semula, maka anda harus segera melakukan spooring dan balancing.
  5. Saat membelokkan mobil, apakah terasa sedikit goncangan. Jika terasa goncangan padahal pada kenyatannya kondisi jalan terlihat bagus, maka bisa dipastikan bahwa ada masalah pada spooring dan balancingnya.
  6. Efek paling parah yang bisa muncul karena tidak adanya penanganan spooring dan balancing adalah hilangnya keseimbangan mobil. Hal ini tentunya bisa sangat berbahaya terlebih saat anda sedang melaju pada kecepatan yang cukup tinggi.
Jika anda merasakan salah satu atau beberapa dari gejala-gejala di atas, maka anda harus segera mengecek dan memperbaiki mobil anda di bengkel yang terpercaya. Jangan menganggap remeh, efek yang lebih berbahaya bisa saja terjadi. Selain tidak nyaman saat dikendarai, masalah ini juga bisa membahayakan keselamatan terlebih saat anda melaju pada kecepatan yang cukup tinggi. Saat-saat seperti ini sangat berpotensi kecelakaan. Terlebih saat anda melaju kencang dan kehilangan kontrol kendaraan anda. Semoga bermanfaat.
Iklan

From → Otomotif

Tinggalkan sebuah Komentar

Bagaimana tanggapan anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: